DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 3 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

The Development of Augmented Reality to Improve Critical Thinking and Digital Literacy Skills of Elementary School Students

Laksmi Evasufi Widi Fajari (Universitas Bina Bangsa)
Ranny Meilisa (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) tahap analysis dilaksanakan dengan analisis media, analisis kurikulum dan analisis materi sebagai pedoman perancangan media yang efisien dan efektif; (2) tahap design dilaksanakan dengan merancang kerangka media augmented reality serta pembuatan instrumen penelitian; (3) tahap development dilaksanakan dengan mengembangkan rancangan media pembelajaran dan instrumen penelitian, penilaian dari para ahli dengan hasil sangat layak serta merevisi media berdasarkan kritik dan saran; (4) tahap implementation dilaksanakan melalui uji coba pengembangan media AR serta analisis pretest-posttest keterampilan berpikir kritis dan literasi digital menggunakan uji normalitas, N-gain score dan uji independent t-test; (5) tahap evaluasi dilaksanakan dengan revisi akhir dan analisis angket respon siswa yang menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan produk dikategorikan sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah media AR efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi digital siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...