Abstrak Perbankan syariah adalah salah satu industri dengan perkembangan paling pesat dan telah meluas ke berbagai negara yang bahkan telah diterima pada negara-negara maju seperti Inggris dan Singapura. Namun, banyak yang masih belum memiliki pengetahuan tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perbankan syariah. Penelitian konseptual ini dilakukan dengan mengumpulkan literatur-literatur yang telah ada dan mengambil seuatu kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa attitude menjadi determinan terkuat dalam adopsi bank syariah oleh masyarakat dari berbagai negara baik muslim maupun non-muslim dan diikuti dengan subjective norm, perceived behavior control serta trust sebagai faktor yang mempengaruhi adopsi bank syariah serta saving intention pada bank syariah. Kepuasan konsumen, trust serta service quality menjadi faktor terkuat dalam mempengaruhi loyalitas konsumen, dengan religiusitas turut berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.Kata kunci: Bank syariah, adopsi, loyalitas.
Copyrights © 2022