Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Lintong S. Situmorang (Universitas HKBP Nommensen)
Putri A. Togatorop (Universitas HKBP Nommensen)
Efron Manik (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Sw Bukit Cahaya Sidikalang T.A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan berpikir kritis . Pada persamaan regresi tersebut, diperoleh nilai b bertanda positif, yang mempunyai hubungan linear yang positif. Dengan uji Koefisien Korelasi, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (X) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (Y) diperoleh koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,877 sehingga dapat disimpulkan berdasarkan tingkat keeratan hubungan dari Guilford Emperical Rulesi bahwa variabel X (model pembelajaran Contextual Teaching and Learning) dan variabel Y (kemampuan berpikir kritis) memiliki hubungan yang kuat/tinggi. Dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 7,743 dengan taraf signifikan 5% dk = N – 2, maka harga ttabel sebesar 2,101. Ternyata harga thitung > ttabel (7,743 > 2,101) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dalam uji keberartian regresi pada kemampuan berpikir kritis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 59,75 > 4,41. Sehingga Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...