Abstract The #TukarBaju campaign is a social movement initiated by the Zero Waste Indonesia community to invite Indonesian society to care about the fashion industry waste threatens the environment and contributes greatly to global warming. Through a questionnaire distributed to 100 respondents, this paper aims to analyze the communication effectiveness of Zero Waste Indonesia through the #Tukar Baju campaign program that impacted @tukarbaju_ followers’ behaviour. This study uses an argumentative qualitative method based on the campaign perspective in persuasive communication by Robert M. Parloff (2003) and elements of persuasive advocacy communication from Charles Larson (2009. The result shows that respondents of the #TukarBaju campaign already know the purpose of the campaign and accept it as their way of life that can be implemented in their daily lives as their concrete contribution to maintaining the sustainability of the earth and environment. Keywords: textile waste, community, campaign, effective communication Abstrak Kampanye #TukarBaju adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh komunitas Zero Waste Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia peduli terhadap limbah industri fesyen yang mengancam lingkungan ini, yang memberikan kontribusi besar terhadap pemanasan global. Melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden pengikut akun Instagram Zero Waste Indonesia, tulisan ini bertujuan untuk dapat menganalisis bagaimana komunikasi yang efektif yang dilakukan oleh Zero Waste Indonesia melalui program kampanye #TukarBaju memberikan adanya perubahan perilaku dari para pengikut @tukarbaju_. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif argumentatif dengan berlandaskan pada perspektif kampanye di dalam komunikasi persuasif Robert M Parloff (2003) dan elemen-elemen wajah komunikasi persuasif advokasi dari Charles U Larson (2009) dengan metode pengumpulan data berbasis data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang telah mengetahui tujuan dari kampanye #TukarBaju, dapat menerima gagasan ini sebagai suatu cara hidup yang dapat diimplementasikan dalam keseharian hidup sehingga dapat berkontribusi konkret dalam menjaga keberlangsungan bumi dan lingkungan. Kata kunci: limbah tekstil, komunitas, kampanye, komunikasi efektif.
Copyrights © 2022