Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

Mayske Rinny Liando (Universitas Negeri Manado)
Grace Engelin Kuron (Universitas Negeri Manado)
Iin Anis Lestari (SDN Rayung IV Tuban,)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Rayung IV diperoleh informasi hasil belajar siswa masih rendah (76,47% siswa nilainya di bawah KKM). Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat.Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Siswa Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya mencapai 52,94 % atau 9 siswa yang tuntas dan 47,04 % atau 8 siswa yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 69,82. Pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa secara klasikal yaitu 79,16 dengan presentase ketuntasan sebesar 94,12 % atau sejumlah 16 siswa tuntas KKM, dan 5,82 % atau 1 siswa belum mencapai ketuntasan, namun hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mencapai target ketuntasan hasil peserta didik di atas 85%. Untuk Kenaikan Prosentase Ketuntasan Siklus I ke siklus II sebesar 41,18 %.Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran video interaktif pada materi lain yang sesuai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...