Berdasarkan hasil observasi di SDN Rayung IV diperoleh informasi hasil belajar siswa masih rendah (76,47% siswa nilainya di bawah KKM). Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat.Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Siswa Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya mencapai 52,94 % atau 9 siswa yang tuntas dan 47,04 % atau 8 siswa yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 69,82. Pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa secara klasikal yaitu 79,16 dengan presentase ketuntasan sebesar 94,12 % atau sejumlah 16 siswa tuntas KKM, dan 5,82 % atau 1 siswa belum mencapai ketuntasan, namun hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mencapai target ketuntasan hasil peserta didik di atas 85%. Untuk Kenaikan Prosentase Ketuntasan Siklus I ke siklus II sebesar 41,18 %.Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran video interaktif pada materi lain yang sesuai.
Copyrights © 2022