Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta

Samuel Juliardi Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tetty A. Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Agusmanto J.B. Hutauruk (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan, penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Lintongnihuta sebanyak 28 siswa. Istrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang penilai yaitu dua orang dosen Program Studi Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan dan seorag guru matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada data hasil tes terdapat 3 orang yang tidak hadir, 3 orang siswa tuntas mencapai KKM, dan 25 siswa melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian: (1) kesalahan memahami soal, penyebab kesalahan yaitu (a) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami bahasa soal (b) kurang teliti membaca soal (c) tidak paham menyelesaikan soal. (2) kesalahan membuat model matematika, penyebab kesalahan yaitu (a) terburu-buru dalam mengerjakan soal (b) kurang paham mengubah kalimat soal ke kalimat matematika (c) tidak paham menyelesaikan soal. (3) kesalahan melakukan proses perhitungan, (a) kurangnya pemahaman menggunakan langkah-langkah metode dalam menyelesaikan soal (b) tidak teliti dalam melakukan perhitungan (c) tidak paham menyelesaikan soal (4) kesalahan menarik kesimpulan, penyebab kesalahan yaitu (a) menganggap bahwa jawaban sampai pada hasil perhitungan (b) salah pada penyelesaian soal (c) tidak paham dalam menyelesaikan soal. Dari keempat metode dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel siswa cenderung menggunakan metode eliminasi dan metode campuran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...