Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Pengaruh Suasana Lingkungan Kerja Dan Gaji Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran IPS Di SD Negeri Se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa

Muh. Nasrun (Unknown)
Basri Basri (Unknown)
Andi Jam’an (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh suasana lingkungan kerja terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (2) pengaruh gaji terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa,dan (3) pengaruh suasana lingkungan kerja dan gaji secara bersama-sama terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa dengan total jumlah guru PNS sebanyak 111 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, dan terpilih 48 guru sebagai sampel.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (2) Gaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, dan (3) Suasanalingkungan kerjadan gajisecara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.Temuan ini menunjukkan bahwa suasana lingkungan kerja dan gaji guru hendaknya diperbaiki dan ditingkatkan karena berkontribusi positif terhadapkinerja guru dalam pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...