Journal of Educational Review and Research
Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5 NUMBER 2 DECEMBER 2022

PENGEMBANGAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP

Cokong Cokong (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Ahmad Yani T (Universitas Tanjungpura)
Dede Suratman (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Sugiatno Sugiatno (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Martin Martin (Pengawas Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bengkayang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan metakognisi siswa melalui pembelajaran kontekstual dalam materi volume kubus dan balok. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Samalantan Kabupaten Bengkayang. Penelitian dengan subjek tunggal dan desain A-B-A digunakan untuk mencapai tujuan dimaksud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model kontekstual dapat me-ngembangkan metakognisi siswa  yang ditandai dengan peningkatan kemampuan  hasil belajar siswa  dari 5,31 menjadi 8,41.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...