Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Profil Gaya Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA N 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Nifelza Armaimis (Universitas PGRI Sumbar, Indonesia)
Zulkifli Zulkifli (Universitas PGRI Sumbar, Indonesia)
Besti Nora Dwi Putri (Universitas PGRI Sumbar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini melihat fenomena masih adanya peserta didik yang belum memahami bagaimana gaya belajar yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) tipe gaya belajar visual peserta didik, 2) tipe gaya belajar auditori peserta didik, 3) tipe gaya belajar kinestetik. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan deskriptif kuantitaif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS di SMA N 1 Kecamatan Harau yang berjumlah 205 orang peserta didik. Dengan teknik Propotional Random Sampling. Sampel berjumlah 67 orang peserta didik. Sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa angket dan diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum profil gaya belajar pada kriteria tinggi sebanyak 57 peserta didik (85,07%). Profil gaya belajar visual berada pada kriteria tinggi sebanyak 49 peserta didik (73,13%). Profil gaya belajar auditori berada pada kategori tinggi sebanyak 47 peserta didik (70,15%). Profil gaya belajar kinestetik berada pada kategori tinggi sebanyak 38 peserta diidk (56,72%). Profil Gaya Belajar peserta didik dapat disimpulkan dari ketiga gaya belajar diatas bahwa 73,13% peserta didik memiliki tipe gaya belajar visual. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik untuk dapat mengenali, memahami dan mengembangkan gaya belajar yang dimiliki, guna memaksimalkan proses penyerapan ilmu pengetahuan saat proses pembelajaran. Guru BK agar dapat merencanakan dan menindak lanjuti layanan yang sesuai dengan kebutuhan gaya belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...