Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema 1 Subtema 2 UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar

Elya Fransiska Pandiangan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Mastiur Verawaty Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain None equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik Non Probability Sampling. Sampel penelitian berjumlah 21 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan cara teknik tes berupa tes hasil belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 2. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata-rata 71,5. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media interaktif animasi adalah dengan nilai rata-rata 83,57. Hasil uji t diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan media interaktif animasi memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...