Kompetensi abad 21 peserta didik mampu menerapkan keterampilan literasi digital. Selain peserta didik yang lebih terpenting adalah guru juga harus mampu menggunakan teknologi dan komunikasi serta inovasi sesuai kebutuhan sebagai guru. Khususnya pada saat pembelajaran jarak jauh seperti saat pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan efektivitas, dan menganalisis respon peserta didik terhadap Lembar Kerja (LK) Digital untuk kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data diperoleh berdasarkan instrumen angket yang diberikan kepada 2 orang ahli (validator), 4 orang guru TK dan 21 anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Kecamatan Cipocok Jaya. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital yang dikembangkan melalui aplikasi liveworksheet. Uji kelayakan diperoleh hasil validasi ahli materi dengan rata-rata persentase mencapai 91,25%, yang menunjukkan kualifikasi sangat layak dan hasil validasi ahli media rata-rata persentase mencapai 91,6% yang menunjukkan kualifikasi sangat layak. Adapun efektivitas media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital berdasarkan hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 19,94% dengan kualifikasi sangat efektif, sedangkan hasil respon peserta didik sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Lembar Kerja (LK) Digital sangat layak dan sangat efektif serta mendapatkan respon positif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun khususnya pada pembelajaran jarak jauh.
Copyrights © 2022