Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Faktor Keterlaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMA Negeri Kota Bukittinggi Pada Masa Pandemi Covid–19

Desrida Desrida (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Supriadi Supriadi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Yelfi Dewi S (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Veni Roza (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Kurang maksimalnya proses supervisi akademik akibat perubahan seharusnya dilaksanakan secara langsung (offline) kemudian dilakukan secara online selama masa pandemi Covid-19, yang menyebabkan fungsi dan tujuan supervisi akademik tidak terlaksana dengan baik. Hal ini tergambarkan melalui observasi awal di SMA Negeri Kota Bukittinggi tanggal 15 sampai 18 September 2021. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dalam bentuk analisis faktor tentang faktor penunjang keterlaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Kota Bukittinggi pada masa pandemik Covid-19. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dan populasi jumlah sampel dalam populasi yaitu Kepala Sekolah dan Guru dengan jumlah reponden 25 Orang tiap sekolah, dengan jumlah total 125 Orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket/kuisioner.Hasil penelitian ini (a) Hasil uji valididas terdapat 24 yang valid dan 7 variabel = tidak valid dan reabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,848 pada faktor keterlaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dan guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi. (b) Hasil analisis faktor keterlaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMA Negeri Kota Bukittinggi terdapat 4 faktor yang terbentuk, dimana hanya 2 faktor yang menunjang keterlaksanaan supervisi akademik melalui pertemuan individu (lama kerja, status pekerjaan, golongan, sertifikasi, memberikan pujian, honorium) dan obersavsi kelas dan loka karya kelompok(optimis, asertif, tekun, jangkaun internet) (c) Hasil analisis faktor keterlaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi pada masa pandemi terdapat perbedaan faktor yang terbentuk, dimana SMAN 1 (2 faktor); 2 (tidak ada factor); 3(1 faktor); 4 (1 faktor) dan 5 (2 faktor) .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...