Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart dan Model Direct Instruction terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD

Fitria Ulfa NM (Universitas PGRI Palembang)
Treny Hera (Universitas PGRI Palembang)
Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media Flip Chart dan model Direct Instruction terhadap pemahaman Bahasa Indonesia pada kelas v sd. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design sampel penelitian ini ditentukan sebanyak peserta didik atau seluruh peserta didik dari kelas va dan vb sebanyak 50 siswa. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Diketahui bahwa pengaruh media pembelajaran flip chart dan model direct instruction diperoleh = 5,167 hal ini berarti antara kelas eksperimen dengan menggunakan media flip chart dan kelas kontrol dengan menggunakan model direct instruction, jadi yang memiliki pengaruh besar adalah kelas eksperimen jadi kelas eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman bahasa indonesia siswa karena nilai menunjukan nilai yang positif. Akan tetapi untuk mengetahui perbandingan antara kedua kelas tersebut dilakukan Uji Independent T Test yang menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000 0,05 atau = 5,167 = 1,167722. Maka dapat disimpulkan bahwaditolak dan diterima atau ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pemahaman belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hipotesis dalam penelitian yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran flip chart dan model direct instruction terhadap pemahaman bahasa indonesia pada kelas v sd.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...