Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Palembang

Devi Atika Sari (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menulis puisi pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menulis puisi pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Design serta populasi penelitian yaitu 177 dan sampel 57 orang (28 kelas X OTP 1 dan 29 kelas X OTP 2). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai signifikan = 0,000 > 0,05, sehingga Ho ditolak dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK PGRI 1 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...