Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi TikTok dalam pembelajaran kosakata. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu metode eksperimen semu. Data dari penelitian ini dikumpulkan dan diperoleh melalui tes dan observasi. Subyek penelitian ini adalah X-IPA dengan sampel X-IPA 8 sebagai kelompok eksperimen dan X-IPA 5 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 74 siswa yang dipilih dengan teknik random. Tes dilakukan dengan pre-test dan post test, kemudian observasi dengan mengamati dan mencatat sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa. Hal ini terlihat dari beberapa fakta, seperti 1) Rerata post test eksperimen setelah perlakuan adalah 83,03, sedangkan kontrol adalah 58,92, 2) Standar deviasi post test eksperimen setelah perlakuan adalah 9036,97, sedangkan kontrol adalah 2772,76, 3) T-hitung setelah perlakuan adalah 5,81, sedangkan t-tabel pada taraf 0,05 adalah 1,666. Jadi 5,81 > 1,666). Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi TikTok memiliki pengaruh yang baik terhadap pembelajaran kosakata.
Copyrights © 2022