EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Deskripsi Kemampuan Guru dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Aktif dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning

Firra Meliana Pratiwiningrum (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Hairida Hairida (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rody Putra Sartika (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Masriani Masriani (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Guru di SMP Negeri 2 Pontianak telah mengimplementasikan model pembelajaran seperti yang dianjurkan oleh Kurikulum 2013 yaitu discovery learning dan problem based learning. Namun, sampai saat ini belum adanya data tentang kemampuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran aktif dengan model pembelajaran, sehingga perlu dilakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran aktif dengan model discovery learning dan problem based learning, serta mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi. Penelitian deskriptif dengan metode studi kasus merupakan metode penelitian yang digunakan, dengan melibatkan 5 orang guru IPA sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi telaah RPP dengan model discovery learning dan problem based learning, dan wawancara. Kemampuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran aktif dengan model pembelajaran discovery learning dan probem based learning secara berurutan memperoleh nilai rata-rata 90,12 dan 90,00 yang tergolong baik. Adapun kesulitan yang dihadapi oleh guru yakni mendeskripsikan kegiatan inti dalam tiap tahapan model pembelajaran yang digunakan secara detail

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...