Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 11 Gelumbang

Nur Syalsyabila (Universitas PGRI Palembang)
Hetilaniar Hetilaniar (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran pop-up book untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pop-up book yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu: (1). Analysis (tahap analisis), (2). Design (tahap perancangan produk), (3). Development (tahap pengembangan), (4). Implementation (tahap penerapan), (5). Evaluation (tahap evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book pada materi tahap pertumbuhan hewan (metamorfosis) di SD yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...