Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV

Anisa sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Minar T. Lumbantobing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control group design yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v dan sampel yang digunakan adalah 52 orang siswa pada sd negeri 091528 Siligason dan sd negeri 091498 Tanah jawa. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa metode diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t paired sample t test dengan bantuan program spss versi 21, berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan membandingkan t_hitung > t_tabel dengan df = (n-1) yaitu nilai t_hitung = 9,078 > t_tabel = 2,008. Dapat disimpulkan Ada Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...