Pendidikan agama Islam di SMP bertujuan untuk menanadamkan cita-cita dan prinsip-prinsip Islam pada siswa Muslim. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kaum muda kehilangan minat pada mata pelajaran ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa faktor eksternal dan pribadi berperan dalam membentuk motivasi untuk mengejar pendidikan agama Islam. Aspek individu meliputi: (1) minat awal yang dimiliki setiap individu dan (2) keragaman peserta dalam pembelajaran. Unsur situasional meliputi: (1) pengaruh orang tua, (2) pengaruh guru PAI, dan (3) kurikulum PAI. Penemuan ini juga menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam meningkatkan antusiasme siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022