Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023

Rosita Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Ady Frenly Simanullang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Fine Eirene Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian inidiambil menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test pemahamn konsep fisika. Hasil penelitian setelah di uji hipotesisnya menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung=2,733 dan ttabel=2,00172 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Nilai thitung>ttabel yaitu 2,733>2,00172 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...