Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian inidiambil menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test pemahamn konsep fisika. Hasil penelitian setelah di uji hipotesisnya menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung=2,733 dan ttabel=2,00172 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Nilai thitung>ttabel yaitu 2,733>2,00172 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022