Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Urgensi Memperkokoh Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Era Inovasi Disruptif

Zainal Abidin Muhja (Universitas Borneo Tarakan)
Moh. Miftahul Arifin (Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk)
Desty Endrawati Subroto (Universitas Bina Bangsa (UNIBA))
Merdi F. Mamonto (Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Kotamobagu)
Putry Julia (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang eksistensi pendidikan agama Islam pada era inovasi disruptif. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka atau analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi massif dalam tubuh pendidikan Islam dibutuhkan supaya bisa menjawab tuntutan serta tantangan zaman yang senantiasa mengalami perubahan. Terlebih pada saat pendidikan Islam memasuki era inovasi disruptif memberikan berbagai dampak di sejumlah bidang kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Di era ini memunculkan peristiwa disruption yang mendorong dunia pendidikan Islam supaya bisa melakukan penyesuaian diri. Pada saat ini lulusan pendidikan Islam berhadapan dengan berbagai tuntutan, kebutuhan serta tantangan baru yang sebelumnya belum pernah ditemui. Oleh karenanya perlu dijalankan inovasi, adaptasi serta pembaharuan pada sistem yang integratif, inovasi kurikulum, tata kelola, kompetensi SDM, sarana serta prasarana, etos kerja, budaya serta lain sebagainya. Apabila tidak dijalankan berbagai hal tersebut maka dikhawatirkan pendidikan Islam bakal semakin semakin tertinggal. Oleh karenanya perlu dicari berbagai langkah yang konkret untuk pendidikan Islam supaya bisa bersaing di era ini. Langkah solutifnya ialah dengan ikut mendisrupsikan dirinya dalam perubahan zaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...