Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang

Jihan Tri Agustin (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Asih Rosnaningsih (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2022

Abstract

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor yang mempengaruhi minat membaca pada siswa kelas III SDN Perumnas 1 kota tangerang, serta bagaimana cara meningkatkan minat membaca siswa dan menganalisis apa saja yang menjadi penyebab kurangnya minat membaca siswa pada saat ini di SDN Perumnas 1 kota tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Perumnas 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa faktor yang mempengaruhi minat membaca pada siswa SDN Perumnas 1 ini yaitu 1) Setiap hari saya harus membaca buku dengan kategori rendah, 2) saya tidak memperoleh manfaat apapun dari membaca buku, 3) Saya lebih sering melakukan kegiatan membaca buku atas dasar keinginan saya sendiri dibandingkan dorongan orangtua saya dengan kategori rendah, 4) Saya hanya membeli buku yang saya perlukan saja dengan kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...