Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok

Yusriyah Azizah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Santi Lisnawati (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Evaluasi program adalah sebuah proses atau kegiatan suatu program yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan informasi tentang realisasi dari suatu kebijakan dengan sekelompok orang secara sistematis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan penerapan evaluasi program Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan evaluasi model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Dalam tahapan perencanaan, tujuan dan sasaran program Tahfidz Al-Qur’an sudah masuk kategori baik yaitu memiliki tujuan untuk menjadikan diri siswa menjadi manusia yang terbaik dengan menanamkan nilai-nilai Qur’ani. (2) Dalam tahapan proses, menunjukkan bahwa jadwal pelaksanaan diadakan setiap hari Rabu dan Kamis, target hafalan yaitu 1-3 Juz, proses bimbingan yaitu dengan menyetorkan hafalan setiap harinya 4 baris dan dapat dikategorikan baik, tetapi dalam pencapaian target tidak semua siswa dapat mencapai target hingga 3 Juz. (3) Dalam tahapan hasil yang diperoleh, menunjukkan hasil dan dampak dari program Tahfidz dapat dikategorikan baik. Dan adapun capaian hafalan siswa yang diatas 1 Juz ada 7,7%, 1 Juz sebanyak 59%, dan dibawah 1 Juz ada 33,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...