EDUKASI
Vol 10 No 2 (2022): JURNAL EDUKASI

PENERAPAN PEMIKIRAN IBNU MISKAWAIH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH

Muhammad Akbar Khan (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)
M. Reza Pahlevi (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)
Alaika M. Bagus Kurnia PS (IKBIS)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami penerapan pemikiran seorang pemikir filosof yang bernama Ibnu Miskawih sebagai sumber belajar pendidikan aqidah. Pendidikan sendiri ialah mempunyai arti yang sangat luas namun disini pendidikan memiliki makna sebagai perubahan kesistem yang lebih baik maka pendidikan selalu dapat berubah ke sisi manapun dan aqidah ialah kepercayaan dasar atau keyakinan pokok dari agama yang dianut oleh manusia, seringkali terjadi penyangkalan terhadapnya atas nama pendidikan serta aqidah dimana mulai dari perdebatan dan kontroversi mengenai pengajaran pendidikan aqidah ini. Ibnu miskawih ialah seorang filosof muslim ia memiliki sumbangsih besar terhadap pendidikan muslim terlebih di ranah aqidahnya, pemikiran inilah yang di adopsi untuk tujuan penelitian dimana manusia dengan akalnya mampu untuk survive dan memilah mana yang seharusnya dilakukan dan wajib di tinggalkan, buah dari pemikiran Ibnu Miskawih ini lebih bertumpu pada manusia dan pendidikan Aqidah dimana aqidah ini adalah jalan menuju Tuhan apalagi di era modern ini secara tidak langsung mengakibatkan sedikit banyaknya pergeseran Aqidah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

judek

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JURNAL EDUKASI adalah jurnal yang mengkaji tentang pendidikan dan pembelajaran. Mencakup multidisplin ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan November. Dipublikasikan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam ...