Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 20 No 2 (2022): Juli

KONSEP PENDIDIKAN BERKEMAJUAN KH. AHMAD DAHLAN RELEVANSINYA DENGAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ferdiansyah Ferdiansyah (IAI Muhammadiyah Bima)
Anang Ma’ruf (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsep pendidikan berkemajuan KH Ahmad Dahlan Relevansinya dengan penyelenggara Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (libarary research), studi kepustakaan dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian kegiatan dengan metode membaca dan menganalisis serta mengolah bahan penelitian. Hasil olah data dan analisis berbagai literatur menunjukan bahwa pendidikan dan era revolusi industri 4.0 untuk mewujudkan pembelajaran tingkat tinggi (HOTS) dan gagasan KH ahmad dahlan dengan pendidikan berkemajuanya sendiri sudah mengajarkan kepada muridnya untuk berpikir tingkat tinggi dalam fenomena geger AL-Ma’un. Subtansi pendidikan berkemajuan terkait dengan teknologi dan penggunaanya dalam kehidupan ataupun pendidikan karakter dapat meresap dalam konteks jaman yang berbeda seperti era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...