Jurnal Edukasi AUD
Vol. 8 No. 2 (2022): Desember

PENERAPAN MODEL TOKEN EKONOMY DALAM MENINGKATKAN AKTIVE LEARNING PADA ANAK DI TK FADILAH

Novita Ashari (IAIN Parepare)
Tadzkirah Tadzkirah (IAIN Parepare)
Kusma Hariyati (IAIN Parepare)
Nurdiana Bakri (IAIN Parepare)
Siti Mayang Kundia (IAIN Parepare)
Nurul Fatimah (IAIN Parepare)
Sutiha Sutiha (IAIN Parepare)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Abstrak Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana penerapan model Token Ekonomy dalam meningkatkan active learning pada anak di TK Fadilah Parepare. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, peneliti memperlihatkan hasil yang diperoleh berdasarkan data yang ada di lapangan. Untuk pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Melalui penerapan token ekonomy pada anak di TK Fadilah terdapat perubahan pada anak dalam meningkatkan Active learningnya. Hal ini sesuai dengan indikator active learning yaitu pembelajaran memiliki tujuan dan dapat dipahami dengan sederhana, active learning hendaknya memberikan pandangan baru kepada siswa tentang topik yang akan dibahas, active learning dapat berfungsi apabila adanya permasalahan yang menjadi pusat untuk diselesaikan, pembelajaran bersifat umpan balik, active learning memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan sikap terbuka terhadap hasil pembelajaran. Dari indikator active learning tersebut berdasarkan kegiatan model token ekonomy peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan active learning pada anak melalui penerapan token ekonomy.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalaud

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism ...