Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 2: Desember 2022

Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Materi Sistem Ekskresi Manusia Pada Siswa SMP Negeri 1 Tutuyan

Rini Abram (Universitas Negeri Manado)
Anneke T. Rondonuwu (Universitas Negeri Manado)
Widya Anjelia Tumewu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan. Metode penelitian quasi experimental dan rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol,yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 83,5 sedangkan pada kelas kontrol 72,5. Data hasil analisis dengan menggunakan statistik uji-t dengan nilai thitung 3,015 dan nilai ttabel 1,685 pada taraf α = 5%. Berdasarkan pada kriteria penerimaan Hα yaitu thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL materi sistem ekskresi manusia pada siswa SMP Negeri 1 Tutuyan efektif lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan model konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...