PeTeKa
Vol 6, No 1 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PENCETAKAN DI SMK NEGERI 3 MUKOMUKO

Rahma Rahma (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Jl. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111.)
Irsyadunas Irsyadunas (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Jl. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111.)
Satrio Junaidi (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Jl. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111.)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Mata pelajaran desain grafis pencetakan Kelas XI Multimedia mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Desain Grafis Pencetakan, sehingga belum adanya media pembelajaran yang mendukung hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Project Based Learning yang valid dan praktis pada Mata Pelajaran Desain Grafis Pencetakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memilki 5 tahap (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Mukomuko yang berjumlah 68 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validator media dengan rata-rata 0,89 dalam kategori “Valid”, sedangkan validator materi 0,93 dengan rata-rata dalam kategori “Valid” dan penilaian guru dengan persentase mencapai 94,16 % dikategorikan “Sangat Praktis”, sedangkan dipraktisan persentase siswa mencapai 89,81 % dengan kategori “ Sangat Praktis”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...