Masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen one group pretest-posttest desaign dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang sebanyak 23 orang. Adapun instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan congklak dalam pembelajaran matematika berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Keadaan ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 melalui pembelajaran permainan congklak mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 86,09 dibandingkan dengan sebelum diterapkannya permainan congklak yaitu 71,95. Berdasarkan uji t baik taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung, 7,8 dan ttabel (0,05 = 2,069), karena thitung > ttabel maka ada pengaruh dalam motivasi hasil belajar yang diberi perlakuan permainan congklak. Maka berdasarkan pengujian tersebut penggunaan permainan congklak berpengaruh jika diterapkan pada proses pembelajaran hasil belajar matematika pada Siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang.
Copyrights © 2022