Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu yang meliputi kemampuan komunikasi, penalaran, koneksi, representasi, dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP, (2) Mengidentifikasi kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran langsung (3) mengetahu apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen yaitu nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang yang berjumlah 240 siswa. sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dimana diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa soal tes dan angket gaya belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis varians dua jalan dengan sel tak sama, dengan uji prasyat yaitu normalitas yang diuji dengan uji Liliefors dan homogenitas yang diuji dengan uji Barlett.Berdasarkan hasil penghitungan analisis data diambil kesimpulan (1) terdapat model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis, (2) Tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis,
Copyrights © 2023