Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 4 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementation A Caring and Environmentally Cultured School in Jakarta

Oot Hotimah (Unknown)
Sucahyanto Sucahyanto (Unknown)
Samadi Samadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Kerusakan lingkungan terjadi di sekitar lingkungan rumah tinggal, sekolah juga di sekitar tempat kita bekerja. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perilaku manusia menjadi temuan yang lebih besar angka kasusnya jika dibandingkan dengan kerusakan lingkungan akibat faktor alam.  Oleh karena itu perlu diseriuskan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan terutama pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dari sekolah dasar dalam upaya mengimplementasikan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2022 di SD Negeri 014 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Informan dalam riset ini adalah guru. Wawancara mendalam kepada para informan berpedoman pada parameter Program Adiwiyata. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari 11 parameter perilaku berbudaya lingkungan, sebagian besar parameter telah diupayakan dengan baik oleh pihak sekolah namun ada parameter yang dalam hal merealisasikannya menemukan hambatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...