Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember

Konsep Keumatan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Harun Nasution

Hidayatus sibyan (IAIN Madura, Pamekasan Indonesia)
Siswanto (Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Harun Nasution merupakan tokoh yang membangkitkan intelektual muslim dan pendidikan perguraun tinggi Islam di Indonesia. Dengan keberaniannya ia membangun jaringan intelektual yang rasional, kontroversial dan universal dalam menelaah kembali tradisi keislaman dimasyarakat sebagai suatu langkah  dalam pembaharuan dunia pendidikan Islam yang masih tertinggal dari dunia barat. Salah satu konsep keumatan dan pembaharuan Pendidikan yang paling fenmenal adalah ia mereformasi Pendidikan Islam di Indonesia sedekat mungkin dengan umat dengan mengintegraikan antara ilmu pengetahuan, Agama, dan Teknologi. Trobosan reformasi pendidikan yang ia lakukan adalah merekonstruksi kembali Kurikulum pendidikan, silabus, metodologi pengajaran, peningkatan karya ilmiah, perpustakaan dan penyederhanaan dan peningkatan organisasi di pendidikan Islam dan perguruan tinggi islam di Indonesia, yang kesemuanya dikonstruk dalam frame umat.   Kata kunci: Konsep keumatan, Pembaharuan pendidikan Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...