Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember

Peran Guru Kreatif Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah, Berhasilkah Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia.?

Indra Irawan (Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Penerapan kurikulum merdeka belajar secara bertahap merupakan hajat keseriusan dunia pendidikan untuk kualitas pendidikan kedepannya, Kurikulum merdeka belajar menuntut guru kreatif, yang mampu melihat perubahan yang selalu terjadi, guru dituntut mampu menempatkan siswa sebagai komponen penting dalam sistem pembelajaran di sekolah, karena ia merupakan subyek dari proses dan aktivitas pembelajaran. Guru yang kreatif bukan hanya pandai dalam pengambilan keputusan dan mendominasi kelas, tetapi bagaimana mendesain suatu gaya mengajar yang melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan sehingga membuat siswa aktif, variatif dan kreatif dalam setiap sesi pembelajaran yang nantinya berujung pada kualitas belajar yang dapat memenuhi tuntutan perubahan zaman.   Kata kunci: Guru Kreatif, Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...