WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
Vol. 5 No. 1 (2022): Nopember

Pelatihan Membuat Kompos dan Pengenalan Digital Marketing di Desa Bukit Karangasem

Affan Irfan Fauziawan (ITB STIKOM Bali)
Edwar (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Monik Fitriyani (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
Yusril Amril Huda (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Limbah padat atau sampah termasuk sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Belum banyak masyarakat di Desa Bukit, Kabupaten Karangasem yang memahami tentang GRK. Limbah padat di Desa Bukit berasal dari aktivitas rumah tangga dan pepohonan yang ada disekitar masyarakat. Saat ini cara paling mudah bagi masyarakat sekitar untuk membuang sampah tersebut dengan cara dibakar, dan ini berbahaya apabila terjadi kebakaran lahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan sosialisasi tentang emisi GRK. Selanjutnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sampah pun bisa diolah menjadi hal yang positif, seperti kompos. Pelatihan membuat kompos dari sampah yang ada di lingkungan sekitar adalah langkah nyata untuk mengurangi emisi GRK. Kegiatan berikutnya adalah pelatihan tentang digital marketing, dimana targetnya adalah membuat desain produk, dan penjualan produk melalui sosial media. Hasil kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya, selain dapat mengurangi sampah juga menjadikan barang yang memiliki nilai ekonomis dan dapat menjadikan sebagai penghasilan tambahan masyarakat sekitar. Seperti diketahui bersama, semenjak pandemi Covid-19, banyak masyarakat perkotaan yang memiliki hobi baru yaitu memelihara tanaman hias, berkebun dan lain-lain yang dalam kegiatannya banyak menggunakan kompos.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

widyabhakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product ...