JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 8, No 1 (2023): JPGI

Implementasi kebijakan kurikulum KMA 183 dan 184 dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam

Amruddin, Amruddin (Unknown)
Wasliman, Iim (Unknown)
Dianawati, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat erat kaitannya dengan memahami agama secara baik, inklusif, berbudaya, dan religius dalam berpikir dan bersikap, setia, taqwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif, inovatif, kooperatif, dan pemecah masalah. Siswa diharapkan memiliki kemampuan hidup sebagai individu dan warga negara yang dapat menjadi bagian dari kebijakan kehidupan dunia masyarakat hal ini tidak terlepas dari kebijakan kurikulum kma 183 dan 184. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum kma 183 dan 184 untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di MA Nurul Hidayah Pulang Pisau. Metode penelitian kualitatif dengan studi kasus pada MA Nurul Hidayah Pulang Pisau. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi kebijakan kurikulum KMA 183 dan 184 untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di MA Nurul Hidayah Pulang Pisau sudah dilaksanakan dengan baik mengikuti ketetapan-ketetapan yang berlaku, namun masih didapati kendala terutama dalam hal penilaian, pemberdayaan sarana prasarana yang dimiliki madrasah aliyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...