Peningkatan performa mesin adalah salah satu hal yang menjadi bahan riset untuk hasil yang lebih sempurna. Salah satu hal yang mempengaruhi performa mesin adalah sistem trasnmisi, pengapian, dan penggunaan bahan bakar. Penelitian ini mengaplikasikan variasi jenis roller dan busi. Kemudian dibandingkan dan dihitung kecepatan, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui daya dan torsi kendaraan sepeda motor matic 110 cc dengan variasi 3 busi, 2 jenis bahan bakar dan 4 jenis roller; (2) Untuk mengetahui konsumsi penggunaan bahan bakar sepeda motor apabila menggunakan 4 jenis roller berbeda (3) Untuk mengetahui emisi gas buang apabila menggunakan 3 jenis busi, 4 roller berbeda dan 2 bahan bakar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang dihasilkan dari eksperimen itu sendiri dan kemudian diolah data hingga menghasilkan sesuai dengan tujuan metode penelitian Hasil penelitian: (1) daya dan torsi dipengaruhi oleh factor busi, roller dan bahan bakar, dalam penelitian ini yang diunggulkan dalam torsi dan daya kendaraan adalah roller racing 9 gram, untuk bahan bakar pertamax yang paling tinggi peforma dan busi iridium merupakan busi yang memiliki torsi dan daya tertinggi; (2) Konsumsi bahan bakar yang paling banyak penggunaan yaitu menggunakan roller 9 gram hal ini dikarenakan roller 9 gram memiliki daya dan torsi besar; (3) emisi gas buang sepeda motor paling bagus dalam penggunaannya adalah busi standart. Hal ini dikarenakan roller standart sudah memenuhi kadar gas buang yang kecil sehingga mengurangi polusi udara. Kata Kunci: Pengaruh CVT, Performa Sepeda Motor, Roller Motor Matic
Copyrights © 2022