Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media yang dikembangkan pada penggunaan aplikasi android. Pada penelitian ini peneliti mengunakan metode penelitian pengembangan dan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation) sebagai model pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 91,25% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi sebesar 81,67% dengan kriteria valid dan ahli pembelajaran sebesar 81,25% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil uji kepraktisan pada uji coba lapangan terbatas sebesar 84.79% dengan kriteria praktis dan uji coba lapangan luas sebesar 80,34% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil uji keefektifan pada uji coba lapangan terbatas sebesar 100,00% dengan kriteria efektif dan uji coba lapangan luas sebesar 80,33% dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika pada materi matriks valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Copyrights © 2022