Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): TRANSFORMASI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI

Vinsensius Heri (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura)
Dede Suratman (Universitas Tanjungpura)
Dian Ahmad BS (Universitas Tanjungpura)
Asep Nursangaji (Universitas Tanjungpura)
Dona Fitriawan (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan 26 orang peserta didik di kelas VIIIE SMP Negeri 11 Pontianak dalam menyelesaikan soal-soal fungsi. Kesalahan tersebut dianalisis berdasarkan tahapan Kastolan, serta mencari faktor yang memengaruhi peserta didik melakukan kesalahan tersebut internal maupun eksternal. Metode kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk menganalisis jawaban peserta didik guna mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis dari jawaban peserta didik dikelas VIIIE SMP Negeri 11 Pontianak, dapat disimpulkan bahwa kesalahan prosedural adalah yang banyak dilakukan oleh peserta didik dengan persentase kesalahan sebesar 32%. Kesalahan konseptual dan kesalahan teknikal juga ditemukan pada jawaban peserta didik dalam bentuk kesalahan penulisan simbol, kesalahan perhitungan, dan menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan perintah soal. Persentase kesalahan konseptual sebesar 3% dan kesalahan teknikal sebesar 15%. Berdasarkan hasil observasi pada saat pelaksanaan tes dan evaluasi jawaban peserta didik, dapat dikatakan bahwa data valid untuk dianalisis. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik dan guru, faktor internal yang memengaruhi kesalahan tersebut diantaranya ketidakmampuan peserta didik memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu masalah, tidak menuliskan jawaban secara lengkap, dan tidak memahami materi fungsi. Faktor eksternal yang memengaruhi kesalahan tersebut diantaranya waktu pembelajaran yang minim, guru kurang siap dalam menghadapi perubahan zaman dan perkembangan teknologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri. ...