JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Words Square terhadap Motivasi Belajar IPA

Juana Silviah (Universitas Mataram)
Ketut Sri Kusuma Wardani (Universitas Mataram)
Husniati Husniati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara yang berjumlah 42 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Hasil Penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN 46 Cakranegara

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...