JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sitti Rahmayani (STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang)
Jumrah Jumrah (STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang)
Andi Kamal Ahmad (STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang)
Ayu Zulpiah Sulaiman (STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto, sementara yang menjadi sampel dari penelitian ini yaitu 7 guru matematika dan pengambilan sampel pada siswa yaitu dilakukan secara acak dalam memperhatikan tingkatan kelas dalam hal ini ukuran sampel keseluruhan 60 siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru atau kemampuan guru di SMP Negeri 2 Pinrang (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Pinrang (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau hubungan Kompetensi pedagogik guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Pinrang. Dengan menggunakan teknik analisis analisis deskriptif untuk menghitung persentase Kompetensi pedagogik guru matematika dan hasil belajar, analisis uji prasyarat untuk mencari nilai normalitas dan linieritas, dan analisis akhir untuk mencari hasil regresi linier sederhana (pengaruh) dan hasil korelasi (hubungan). Dalam hal ini dapat dilihat pada koefisien determinasi yang diperoleh dari 76% yang berarti bahwa Kompetensi pedagogik guru matematika mempunyai konstribusi terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 2 Pinrang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...