Cakrawala Repositori Imwi
Vol. 5 No. 2 (2022): Cakrawala Repositori IMWI

Pengaruh Store Atmosphere, Location, dan Social Media Terhadap Keputusan Pembelian

Bambang Somantri (Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia)
Nadia Pritiawati Syawal (Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia)
Zeffanya Raphael Wijaya (Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Industri pakaian sebagai bagian dari industri kreatif menempati posisi kedua setelah kuliner dalam kontribusinya terhadap Pendapatan Domestik Bruto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian konsumen pada salah satu toko pakaian di Sukabumi yaitu Kittyshop. Variabel yang diuji yaitu suasana toko, lokasi, dan media sosial, bagaimana ia dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif-asosiatif. Kuesioner dibagikan kepada 100 orang responden. Data dianalisis melalui uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel suasana toko dan media sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Suasana toko yang baik dapat menimbulkan efek emosional sehingga meningkatkan minat dan keputusan pembelian konsumen. Media sosial memiliki kelebihan dalam menjangkau konsumen, termasuk apabila lokasi toko tidak terlalu strategis, sehingga toko dapat dikenal dengan dibantu oleh optimalisasi media sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Cakrawala Repositori IMWI focuses on publishing original research articles, reviewing articles from contributors, and current issues relating to Economics, Business and Management. The main purpose of the journal is to provide a platform for scholars, academics, and researchers to share ...