Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2022): September

Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Susiliastini, Ni Komang Taris (Unknown)
Sujana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Perkembangan teknologi turut menuntut guru untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah dasar masih cukup monoton dan menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika yang objek kajiannya bersifat abstrak semakin sulit dimengerti oleh siswa dengan penggunaan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika budaya Bali untuk kelas V SD pada materi pecahan matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah 4 ahli dan 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penilaian ahli rancang bangun dengan kualifikasi sangat baik (90,9%), hasil penilaian ahli materi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,3%), hasil penilaian ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (85%), hasil penilaian ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (86,67%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,16%). Berdasarkan hasil uji efektivitas produk menggunakan teknik uji-t memperoleh hasil t hitung sebesar 17,754 dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,021, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika efektif digunakan pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah diperlukan media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...