Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Perspektif Gender

Dhita Nurfadila (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi FS (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami konsep dan minat belajar matematika dari perspektif gender, yaitu siswa laki-laki dan perempuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Mathla'ul Anwar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, analisis data, dan tahap akhir persiapan. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan indikator yang digunakan, kemampuan memahami konsep dan minat belajar matematika yang dimiliki oleh siswa perempuan memperoleh hasil yang lebih baik daripada siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih unggul dan minat belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...