Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 6, No 2 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education

Pengembangan Bahan Ajar Digital Ekosistem V pada Peserta Didik Kelas V SD

Siti Wildanasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rina Yuliana (Unknown)
Sigit Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di kelas V SDIT PUI Cibitung. Metode yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan bahan ajar digital melalui validasi tim ahli media, materi dan bahasa. Berdasarkan penilaian produk bahan ajar digital yang telah dilakukan oleh tim ahli diperoleh hasil bahwa hasil validasi ahli media mendapatkan skor 90,5% dengan kategori sangat layak, hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 88,5% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan skor 87% dengan kategori sangat layak. Pada tahap uji coba produk peserta didik terlihat sangat antusias dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga memperoleh respon peserta didik dengan skor 99,5% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan oleh peneliti adalah bahan ajar digital yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...