PEDAGOGIKA
Vol 13 No 2 (2022): Oktober

Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa

Nuzliah (UIN Ar-raniry Banda Aceh)
Jumadi Mori Salam Tuasikal (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi terhadap perencanaan karier siswa di SMA Negeri 1 Bandar Dua dan SMA Negeri 1 Jangka Buya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pra-eksperimen (One Group Pre test-Post test Design). Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket layanan informasi terhadap perencanaan karier siswa. Uji validitas dilakukan dengan uji korelasi product moment menggunakan bantuan program komputer SPSS 20.0 for Windows. menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan nilai Alpha lebih dari 0.600. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan pada layanan informasi terhadap perencanaan karier siswa. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan dari hasil analisis output spss menunjukkan bahwa nilai levene’s test tidak signifikan ( karena p= 0,810 > 0,05), berarti varian’s dalam kedua uji adalah sama. Oleh karena itu, kita melihat nilai t pada baris pertama, yaitu -1.904 dengan signifikansi 0,063. Ini berarti nilai t tidak signifikansi (p=0,063 > 0,005) ini merupakan waktu yang dibutuhkan kedua uji untuk perencanaan karier tidak berbeda secara signifikan. Dengan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...