Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 10, No 2 (2022): VOLUME 10 NOMOR 2 DESEMBER 2022

Analisis kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis: dampak model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write, and evaluation

Komarudin Komarudin (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Oni Maya Rani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Netriwati Netriwati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis dengan menggunakan model pebelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, and Evaluation (POE2WE). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian Quasy Experimental Design, dan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dengan teknik tes, dengan instrument tes berupa uraian pada materi persamaan garis lurus. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Way Tuba yang terdiri atas 112 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 28 siswa. Uji hipotesis menggunkan Uji multivariate analysis of variance (Manova). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE2WE.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...