Instructional Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): IDJ

Kontribusi Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir

Sri Rahayu (Universitas Riau)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau)
Fadly Azhar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan semua Kepala Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah sebanyak 37 orang kepala sekolah yang dipilih secara tekhnik sampling jenuh. Berdasarkan dari analisis data diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel Dana Bantuan Operasional Sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 12,4% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 87,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel kemampuan manajerial terhadap mutu pendidikan sebesar 27,4% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 72,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan diperoleh kontribusi yang siginifikan secara bersama-sama antara variabel Dana Bantuan Operasional Sekolah dan kemampuan manajerial terhadap mutu pendidikan sebesar 31,2% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 68,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//   This page is in Serbian Translate to English    AfrikaansAlbanianAmharicArabicArmenianAzerbaijaniBengaliBulgarianCatalanCroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFinnishFrenchGermanGreekGujaratiHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianItalianJapaneseKannadaKazakhKhmerKoreanKurdish (Kurmanji)LaoLatvianLithuanianMalagasyMalayMalayalamMalteseMaoriMarathiMyanmar (Burmese)NepaliNorwegianPashtoPersianPolishPortuguesePunjabiRomanianRussianSamoanSimplified ChineseSlovakSlovenianSpanishSwedishTamilTeluguThaiTraditional ChineseTurkishUkrainianUrduVietnameseWelsh Always translate Serbian to EnglishPRO Never translate Serbian Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...