Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Learning Preference Generasi Z Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2019 Di Universitas ‘X’ Bandung

Fifie Nurofia (Universitas Kristen Maranatha)
Jacqueline Tjandraningtyas (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai Learning Preferences pada mahasiswa yang termasuk Generasi Z di Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ Bandung, yang diwakili oleh mahasiswa Angkatan 2018, 2019 dan 2020, sebanyak 157 mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner Learning Style Inventories sesuai konsep Learning Preferences dari Gulbahar & Ayfer (2011) melalui google form. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan metode deskriptif dengan Teknik survey ini berusaha untuk mendapatkan 8 e-learning styles, yaitu Individual/Solitary, Social/Collaborative, Auditory, Concrete, Logic, Visual, Abstract, dan Sensual e-Learning Styles. Alat ukur telah melalui uji Reliabilitas dan Validitas. Berdasarkan Hasil Olah Data, dapat ditarik simpulan bahwa semua e-Learning Styles digunakan oleh generasi Z dengan karakteristik yang terbanyak digunakan adalah ISL yang merupakan belajar secara mandiri dengan mengandalkan Self-reliance. Sementara yang paling jarang digunakan adalah Abstract dan Sensual e-Learning Style. Saran secara umum yang dapat diberikan adalah meng-encourage e-learning Styles generasi Z agar terjadi learning online dengan metoda yang efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...