Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Evaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model CIPP Mata Pelajaran Ekonomi SMA Di Kecamatan Kebumen

Resti Agustin Naeni (Universitas Sebelas Maret)
Leny Noviani (Universitas Sebelas Maret)
Dini Octoria (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring selama covid – 19 dari persepsi peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi SMA di Kecamatan Kebumen yang ditinjau oleh model evaluasi context, input, product, process, produc (CIPP) yang dirumuskan oleh stufflebeam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif. Proporsinal random sampling digunakan sebagai teknik untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner / angket melalui link googleform. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek context memperoleh hasil indeks rata – rata 74,05% kategori baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek input memperoleh indeks rata- rata 78,64% kategori baik, (3) pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek process memperoleh indeks rata – rata 67,93% kategori baik, (4) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam aspek product memperoleh indeks rata – rata 76,65% kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...