Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Ratahan

Silvia Rumalag (Universitas Negeri Manado)
Yantje Tawas (Universitas Negeri Manado)
Jetty Lempas (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri I Ratahan. Metode yang digunakan dalam Penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian atau uji hipotesis pada kelas eksperimen 1 dapat dilihat = 33,211 > =2,201 maka Ha diterima dan tolak Ho. maka ada perbandingan pre test dan post test pada kelas eksperimen I dengan mengunakan model pembelajaran JIGSAW. Dengan demikian terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dengan mengunakan model pembelajaran JIGSAW. Penelitian ini juga telah dilakukan oleh nurul suparni(2017) hasil penelitiannya menjelaskan penerapan model pembelajaran JIGSAW dapat berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD, Hasil Belajar ABSTRACTThis study aims to determine the effect of the Jigsaw Cooperative Learning Model and STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) in improving student learning outcomes in Economics Subjects at SMA Negeri I Ratahan. The method used in experimental research. The results showed that based on the results of research or hypothesis testing in experimental class 1, it can be seen that t_count = 33.211 > t_table = 2.201, so Ha is accepted and Ho is rejected. then there is a comparison of the pre test and post test in the experimental class I using the JIGSAW learning model. Thus there is a significant increase in student learning outcomes in experimental class I by using the JIGSAW learning model. This research has also been carried out by Nurul Suparni (2017) whose research results explain that the application of the JIGSAW learning model can have a significant effect on student learning outcomes Keywords: Jigsaw and STAD Cooperative Learning, Learning Outcomes

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...